24-11-2021
Pemkot Baubau Lelang Delapan Jabatan

BAUBAU - Pemerintah Kota (Pemkot) Baubau kembali membuka seleksi jabatan pimpinan tinggi pratama. Tidak tanggung-tanggung, ada delapan jabatan kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) sekaligus yang dilelang.


Jabatan-jabatan itu yakni Kepala Satuan Polisi Pamong Praja, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga, Kepala Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan, Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Kepala Dinas Tenaga Kerja, Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan, serta Kepala Dinas Kesehatan.


"Delapan jabatan yang kita lelang itu kita sudah umum dari dua pekan lalu. Sekarang ini sudah mau masuk tahap selanjutnya yaitu verifikasi berkas," ungkap Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Baubau, Abdul Rahman, dikonfirmasi di kantornya, Kamis (4/11).


Sejauh ini, beber Plt Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Baubau ini, sudah ada kurang lebih 45 orang yang sudah mendaftarkan diri. Para pelamar tersebut tersebar di semua jabatan yang dilelang.


"Syarat-syaratnya itu antara lain PNS (Pegawai Negeri Sipil) dengan pangkat minimal IVA atau eselon III, kemudian PNS di wilayah Sulawesi Tenggara, tidak pernah dijatuhi hukuman disiplin dan bersedia tinggal di Baubau bagi pelamar yang dari luar Baubau," urainya.


Dia mengatakan, bagi pelamar yang dinyatakan lulus berkas, maka selanjutnya akan mengikuti asesmen yang difasilitasi oleh Lembaga Administrasi Negara (LAN). "Kita target tahapan lelang ini selesai semua pada Desember. Tapi ini sifatnya tentatif, karena kita lihat dan sesuaikan kesiapan LAN," ujarnya.


Untuk Panitia Seleksi (Pansel), tambah dia, secara umum masih diisi oleh orang-orang yang sama pada lelang jabatan sebelumnya. Mereka adalah Roni Muhtar (Sekretaris Kota Baubau), Abdul Rahman (Kepala BKPSDM Baubau, LM Samsul Qamar (Rektor Unidayan), Wa Ode Al Zarliani (Rektor UMB), dan Sahiruddin Udu (tokoh masyarakat).(san)