24-11-2021
Pemkot Baubau Lelang Puluhan Mobil Tua

BAUBAU - Pemerintah Kota (Pemkot) Baubau bakal melelang 81 unit kendaraan roda empat. Rencananya, penjualan mobil-mobil dinas bekas dibuka ke umum itu selama empat hari mulai Juni 2021.


Plt Kepala Badan Pengelola Keuangan Aset dan Pendapatan Daerah (BPKAPD) Baubau, Yulia Widiarti menguraikan, ke 81 mobil tersebut terdiri dari 21 unit masuk kategori scrap atau besi tua dan 26 unit masih bisa digunakan. Selebihnya, 33 unit tergolong tidak bisa digunakan lagi, tapi belum scrap.


"Rata-rata mobil yang akan kita lelang ini adalah perolehan tahun 2008 ke bawah. Jadi, bagi yang minati mobil itu bisa langsung mengakses portal www.lelang.go.id. Rencananya lelang kita akan buka 7-10 Juni ini," ungkap, Yulia Widiarti kepada wartawan.


Kata dia, penetapan kategori mobil-mobil itu sudah melalui proses penilaian dari Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Sulawesi Tenggara (Sultra). "Dimana, hasil penilaian itu menyatakan 21 unit diantaranya sudah berupa besi tua," ujarnya.


Menurut Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Baubau ini, harga mobil-mobil pelat merah itu bervariasi. Nilai penawarannya bergantung pada kondisi, jenis, dan tahun kendaraan.


"Misalnya Honda CR-V, itu dilelang dengan nilai limit Rp 37.644.000. Sementara, Toyota Avanza kategori scrap atau besi tua itu nilai limitnya Rp 2.271.000," urai Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Baubau ini.


Jika diakumulasi, beber dia, pihaknya menaksir harga limit keseluruhan mobil tersebut mencapai Rp 1,2 miliar. Akan tetapi, total penjualan bisa saja lebih besar tergantung dinamika tawar-menawar yang dilakukan peserta lelang


"Karena bagi yang meminta lebih tinggi dari nilai limit, maka otomatis akan jadi pemenang. Yang jelas, jasil dari lelang ini akan kembali ke kas daerah. Selanjutnya kita harapkan bisa dibelikan lagi mobil untuk operasional ASN kita," pungkas Yulia.(san)