24-11-2021
Wali Kota Siapkan Lahan Padangkuku untuk Kepton

BAUBAU - Wali Kota AS Tamrin memastikan Pemerintah Kota (Pemkot) Baubau sudah menyiapkan lahan untuk ibukota calon provinsi Kepulauan Buton (Kepton). Lokasinya di Padangkuku kawasan Palagimata.


"Kita sudah keluarkan dari dulu izin lokasinya di Padangkuku. Sudah lama saya teken itu," ungkap AS Tamrin dikonfirmasi usai menghadiri rapat paripurna persetujuan Raperda perubahan RPJMD di gedung DPRD Baubau.


Hanya saja, Politisi PAN ini mengaku belum bisa membeberkan luas lahan yang disiapkan untuk ibukota Kepton itu. Semua baru bisa diketahui secara detail bila Kepton mekar dari Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).


"Belum kita kali-kali sekarang. Nanti terbentuk dulu. Karena kita, tidak bisa diprediksi, nanti salah," ujar Wali Kota Baubau dua periode ini.


Menurut dia, semua kabupaten/kota cakupan sudah siap memberikan hibah untuk Provinsi Kepton baik itu berupa Sumber Daya Manusia (SDM), aset, maupun uang. Namun, rencana hibah tersebut belum bisa dibuatkan Surat Keputusan (SK) persetujuan bersama dengan DPRD.


"Belum (bisa) dihibahkan ke siapa. Hibah itu setelah ada persetujuan antara para pihak. Harus ada orang yang dihibahkan, ada orang yang menghibahkan. Sekarang ini kita mau hibahkan ke siapa, kan belum lahir itu Kepton," tandas AS Tamrin.(san)