24-11-2021
API Award 2021, Benteng Keraton Bersaing dengan Sembilan Situs Sejarah

BAUBAU - Benteng Keraton Wolio Kota Baubau berhasil memastikan satu tiket di ajang Anugerah Pesona Indonesia (API) award tahun 2021. Kawasan eks pusat Kesultanan Buton ini bersaing dengan sembilan situs sejarah lain di Indonesia.


Adapun kompetitornya itu yakni Candi Ijo Sleman, Istana Mini Banda Naira, Megalitik Batu Brak Lampung Barat, Megalitik Besemah Pagaralam, Museum Buya Hamka Agam, Situs Gajah Mada Sabu Raijua, Taman Arkeologi Onrust Kepulauan Seribu,

Taman Narmada Mataram, dan Tundrumbaho Nias Selatan.


"Kita usulkan itu Muara Lakalogou untuk kategori surga tersembunyi, Ikan Molo untuk kategori makanan tradisional, dan Benteng Keraton Wolio kategori situs sejarah. Tapi, hanya Benteng Keraton yang berhasil masuk nominasi API award," ungkap Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Baubau, Ali Arham, dikonfirmasi lewat telepon, Senin (21/6).


Situs sejarah, kata Plt Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Baubau ini, masuk dalam kategori 12 dalam API award 2021. Pemenang akan ditentukan melalui mekanisme pemungutan suara (voting) dimulai 01 Juli-31 Oktober 2021.


"Untuk itu, kami harap masyarakat memberikan dukungan sebanyak-banyaknya.Caranya, melalui SMS dengan mengetik API12A kirim ke 99386, bisa juga vote lewat Instagram @ayojalanjalanindonesia dan YouTube @APIaward," urainya.


Sementara itu, Chairman of API Hiro Kristianto menjelaskan, API kali ini merupakan penyelenggaraan tahun ke-6. Tercatat, ada 136 kabupaten/kota tersebar di 27 provinsi se-Indonesia. Format ajang tahun ini masih tetap sama dengan sebelumnya yakni 18 kategori dengan komposisi 10 nominasi untuk tiap kategori.


"Panitia penyelenggara mencatat bahwa beberapa daerah semakin aktif dan giat dalam mengirimkan usulan nominasi, terutama untuk wilayah Indonesia bagian timur. Hal ini menunjukkan bahwa kekayaan pariwisata Indonesia memang tidak ada habisnya untuk selalu dieksplor," rilis Hori melalui situs resmi yang diperoleh wartawan.(san)