Asisten Perekonomian dan Pembangunan

Asisten Perekonomian dan Pembangunan  mempunyai tugas dan kewajiban membantu Sekretaris Daerah dalam melaksanakan penyusunan dan evaluasi kebijakan bidang  perekonomian/ keuangan, sumberdaya alam dan  pembangunan serta  dalam melaksanakan pengoordinasian dinas daerah dan lembaga teknis daerah bidang perekonomian/ keuangan, sumberdaya alam dan pembangunan.

Fungsi

Dalam menyelenggarakan tugasnya, Asisten Perekonomian dan Pembangunan mempunyai fungsi

  1. Pelaksanaan koordinasi kegiatan penyelenggaraan tugas bidang  perekonomian, sumberdaya alam dan pembangunan ;
  2. Perumusan kebijakan dan petunjuk teknis serta pemantauan penyelenggaraan   urusan  perekonomian;
  3. Perumusan kebijakan dan petunjuk teknis   serta pemantauan  penyelenggaraan urusan  sumberdaya alam;
  4. Perumusan Kebijakan dan petunjuk teknis serta pemantauan  penyelenggaraan urusan  pembangunan;
  5. Pelaksanaan evaluasi kebijakan bidang perekonomian, sumberdaya alam dan pembangunan.
  6. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Sekretaris Daerah sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya ;

 

Bagian Administrasi

(1) Asisten Perekonomian dan Pembagunan membawahi 3 (tiga) bagian:

a. Bagian Administrasi Perekonomian
b. Bagian Administrasi Sumberdaya Alam 
c. Bagian Administrasi Pembangunan

Bagian, dipimpin oleh seorang Kepala Bagian yang berada dibawah dan bertanggung jawab kepada Asisten Perekonomian dan Pembangunan.

 

A. Bagian Administrasi Perekonomian

Bagian Administrasi Perekonomian mempunyai tugas melaksanakan dan mengkoordinasikan penyusunan pedoman dan petunjuk teknik, pembinaan, pengendalian administrasi perindustrian, perdagangan, koperasi, penanaman modal, Badan Usaha Milik Daerah, Pendapatan dan Keuangan Daerah.

Dalam menyelenggarakan tugasnya, Bagian Administrasi Perekonomian mempunyai fungsi :

  1. Penyiapan konsep kebijakan umum bidang perekonomian.
  2. Penyiapan bahan pembinaan, koordinasi,  penyusunan rencana program dan  petunjuk teknis  serta bahan analisis dalam penyelenggaraan administrasi perindustrian, perdagangan dan koperasi.
  3. Penyiapan bahan pembinaan, koordinasi,  penyusunan rencana program dan  petunjuk teknis  serta bahan pembinaan penyelenggaraan administrasi penanaman modal dan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD).
  4. Penyiapan bahan pembinaan, koordinasi,  penyusunan rencana program dan  petunjuk teknis  serta bahan pembinaan penyelenggaraan administrasi pendapatan dan keuangan daerah 
  5. Penyiapan bahan penyusunan dan pelaksanaan rencana program Sekretariat Daerah bidang  perekonomian.
  6. Penyiapan bahan pelaksanaan evaluasi bidang perekonomian.
  7. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan  sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya.

 

Bagian Administrasi Perekonomian terdiri atas :

a. Sub Bagian Administrasi Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi
b.
Sub Bagian Administrasi Penanaman Modal dan Badan Usaha Milik Daerah
c.
Sub Bagian Administrasi Pendapatan dan Keuangan Daerah

Sub Bagian dipimpin oleh seorang Kepala Sub Bagian yang berada dibawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Bagian Administrasi Perekonomian.

Tugas Sub Bagian

(a) Sub Bagian Administrasi Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi mempunyai tugas mengumpulkan bahan Koordinasi, petunjuk teknik dan bahan pembinaan penyelenggaraan administrasi perindustrian, perdagangan dan koperasi

(b) Sub Bagian Administrasi Penanaman Modal dan BUMD mempunyai tugas mengumpulkan bahan koordinasi, penyusunan petunjuk teknik dan bahan pembinaann penyelenggaraan administrasi penanaman modal dan BUMD

(c) Sub Bagian Administrasi Pendapatan dan Keuangan mempunyai tugas mengumpulkan bahan koordinasi, penyusunan petunjuk teknik dan bahan pembinaan penyelenggaraan administrasi pendapatan dan keuangan daerah

 

B. Bagian Administrasi Sumberdaya Alam

Bagian Administrasi Sumbedaya Alam mempunyai tugas melaksanakan dan mengkoordinasikan penyusunan pedoman dan petunjuk teknik, pembinaan, pengendalian administrasi pertanian, pertambangan, energi dan lingkungan hidup.

Dalam menyelenggarakan tugas, Bagian Administrasi Perekonomian mempunyai fungsi : 

  1. Penyiapan konsep kebijakan umum bidang sumberdaya alam.
  2. Penyiapan bahan pembinaan, koordinasi,  penyusunan rencana program dan  petunjuk teknis  serta bahan analisis dalam penyelenggaraan administrasi pertanian, perkebunan, kehutanan, kelautan dan perikanan.
  3. Penyiapan bahan pembinaan, koordinasi,  penyusunan rencana program dan  petunjuk teknis  serta bahan analisis  penyelenggaraan administrasi petambangan dan energi.
  4. Penyiapan bahan pembinaan, koordinasi,  penyusunan rencana program dan  petunjuk teknis  serta bahan analisis  penyelenggaraan administrasi lingkungan hidup.
  5. Penyiapan bahan penyusunan dan pelaksanaan rencana program Sekretariat Daerah bidang sumberdaya alam..
  6. Penyiapan bahan pelaksanaan evaluasi bidang sumberdaya alam.
  7. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya.

 

Bagian Administrasi Sumberdaya Alam terdiri atas :

a. Sub Bagian Administrasi Pertanian
b.
Sub Bagian Administrasi Pertambangan dan Energi
c.
Sub Bagian Administrasi Lingkungan Hidup

Sub Bagian dipimpin oleh seorang Kepala Sub Bagian yang berada dibawah dan bertanggungjawab Kepada Kepala Bagian Administrasi Sumberdaya Alam.

Tugas Sub Bagian

(a) Sub Bagian Administrasi Pertanian mempunyai tugas mengumpulkan bahan Koordinasi, petunjuk teknik dan bahan pembinaan penyelenggaraan administrasi pertanian, perkebunan, kehutanan, kelautan dan perikanan.

(b) Sub Bagian Administrasi Pertambangan dan energi mempunyai tugas mengumpulkan bahan koordinasi, penyusunan petunjuk teknik dan bahan pembinaan penyelenggaraan administrasi pertambangan dan energi.

(c) Sub Bagian Administrasi Lingkungan Hidup mempunyai tugas mengumpulkan bahan koordinasi, penyusunan petunjuk teknik dan bahan pembinaan penyelenggaraan administrasi lingkungan hidup.

 

C. Bagian Administrasi Pembangunan

Bagian Administrasi Pembangunan mempunyai tugas melaksanakan dan mengkoordinasikan penyusunan pedoman dan petunjuk teknis,  pembinaan, pengendalian administrasi lingkup pekerjaan umum, perhubungan, pariwisata dan perizinan.. 

Dalam menyelenggarakan tugasnya, Bagian Administrasi Pembangunan mempunyai fungsi :

  1. Penyiapan konsep kebijakan umum bidang pembangunan.
  2. Penyiapan bahan pembinaan, koordinasi,  penyusunan rencana program dan  petunjuk teknis  serta bahan analisis dalam penyelenggaraan administrasi perencanaan pembangunan daerah..
  3. Penyiapan bahan pembinaan, koordinasi,  penyusunan rencana program dan  petunjuk teknis  serta bahan analisis  penyelenggaraan administrasi lingkup pekerjaan umum.
  4. Penyiapan bahan pembinaan, koordinasi,  penyusunan rencana program dan  petunjuk teknis  serta bahan analisis  penyelenggaraan administrasi perhubungan, pariwisata dan Perizinan
  5. Penyiapan bahan penyusunan dan pelaksanaan rencana program Sekretariat Daerah bidang  pembangunan..
  6. Penyiapan bahan pelaksanaan evaluasi bidang pembangunan.
  7. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya

 

Bagian Administrasi Pembangunan terdiri atas :

a. Sub Bagian Administrasi Perencanaan Pembangunan Daerah
b.
Sub Bagian Administrasi Lingkup Pekerjaan Umum;
c.
Sub Bagian Administrasi Perhubungan dan Pariwisata .

Sub Bagian dipimpin oleh seorang Kepala SubBagian yang berada dibawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Bagian Administrasi Pembangunan, Pariwisata dan Perizinan.

Tugas Sub Bagian

(a). Sub Bagian Administrasi Perencanaan Pembangunan Daerah mempunyai tugas mengumpulkan bahan Koordinasi, petunjuk teknik dan bahan pembinaan penyelenggaraan administrasi perencanaan pembangunan daerah

(b). Sub Bagian Administrasi Lingkup Pekerjaan Umum mempunyai tugas mengumpulkan bahan koordinasi, penyusunan petunjuk teknik dan bahan pembinaan penyelenggaraan administrasi lingkup pekerjaan umum.

(c). Sub Bagian Administrasi Perhubungan dan Pariwisata mempunyai tugas mengumpulkan bahan koordinasi, penyusunan petunjuk teknik dan bahan pembinaan penyelenggaraan administrasi perhubungan dan pariwisata.