Berita
Bau-Bau, Kota Internet

Mungkin Kota Bau-Bau di Sulawesi Tenggara, layak mendapatkan predikat sebagai kota internet. Pasalnya, dibeberapa kawasan di kota ini sudah diramaikan dengan hotspot free area, dimana warganya bisa mengakses internet kapan saja dan dimana saja dalam wilayah kota ini.

 

Kondisi seperti inilah yang membedakan Kota Bau-Bau, dengan kota lainnya di Indonesia. Bahkan Kota Jakarta saja, dimana-mana terpublikasi jika area hotspotnya hanya disekitar kawasan Monas belaka. Demikian pula Kota Makassar, sebagai ikon kota besar di Kawasan Timur Indonesia, hanya melepas free areanya hanya disekitar Pantai Losari.

 

Di Bau-Bau, masyarakat bisa mengakses internet dibeberapa tempat. Seperti Kawasan perkantoran Walikota Bau-Bau di Bukit Palagimata, Kawasan Pantai Kamali, Kawasan Batulo, Kawasan Bukit Kolema dan paling anyar adalah kawasan Pulau Makasar.

 

Bahkan, kebijakan Walikota Bau-bau, Drs MZ Amirul Tamim, M.Si mengisyaratkan agar wilayah free area net ini menyentuh semua wilayah kecamatan di kota ini. “Semua kawasan di Kota Bau-Bau harus disentuh dengan layanan bebas internet, tujuannya adalah menjawab dinamika masyarakat Bau-Bau yang begitu cepat,” ujar Walikota kepada wartawan Rabu, 2 Juli 2008.

 

Menariknya, tak hanya kawasan bebas area internet yang dilakukan Pemkot Bau-Bau, tetapi lebih dari itu, walikota saat lounching hotspot area saat peringatan 100 Tahun kebangkitan nasional TK. Kota Bau-Bau 20 Mei 2008 silam, juga menyelenggarakan  metoda teleconfrence, kepada jajarannya. “Ini menjawab semangat Harkitnas yang bermottokan, Indonesia Bisa, makanya kita juga bisa!” imbuh Walikota.

 

Apakah tidak mematikan jasa warnet yang berkembang di kota ini? “Tentu tidak, karena pemasangan sistem radio net telah menyesuaikan kondisi yang ada, dan dibeberapa tempat, kita sistemnya on the momen, jadi warnet tetap berkembang dengan baik” tambahnya. (zah)