Berita
Bangun Gedung Khusus Untuk Pramuka

Setelah kurang lebih lima tahun lamanya, sekretariat Kwarcab Kota Bau-Bau Sulawesi Tenggara harus ‘mondok’ di beberapa fasilitas Pemda, kini mereka bisa menikmati fasilitas sendiri, setelah Walikota Bau-Bau Drs. MZ. Amirul Tamim, M.Si, memutuskan untuk membangun gedung khusus Kwarcab.

Kebijakakan ini tentu disambut gembira elemen Pramuka di kota ini. Apalagi, gedung tersebut difasilitasi dengan kelengkapan yang cukup memadai dan setara dengan kantor-kantor dinas/badan yang ada di kota tersebut, termasuk penganggaran setiap tahunnya. “Semata-mata untuk kepentingan pembinaan Gerakan Pramuka, sebagai organisasi yang benar-benar intens mengokohkan NKRI,” Amirul Tamim, saat meninjau gedung Kwarcab yang letaknya di jantung Kota Bau-Bau tersebut, kamis pekan ini (5/6).

Amirul yang juga mantan pengurus DKC era tahun 70-an di Buton (saat Bau-Bau masih menjadi ibukota kabupaten Buton) dan telah menjadi walikota Bau-bau selama dua periode ini, juga mengurai jika gedung Kwarcab yang resmi terpakai 1 Juni 2008 lalu memiliki makna sejarah yang kuat, karena lokasi Gedung Kwartir tersebut pada zaman kesultanan menjadi arena bermain anak-anak Kesultanan Buton. “jadi ini bukan hanya pengejawantahan visi Baden Powel, tetapi juga cita-cita leluhur Buton masa lalu,” timpalnya.

Dijelaskan, Gedung Kwarcab dibangun diatas areal seluas 30 x 30 meter, dengan luas bangunan 10 x 15 meter, dengan konstruksi bangunan bergaya rumah adat Buton. Jika dihitung bersama fasilitas didalamnya, gedung ini menghabiskan anggaran sekitar Rp. 200 juta.

Pada saat yang bersamaan, Amirul juga memantau langsung persiapan pengirim peserta Raimuna Nasional 2008 dari Kota Bau-Bau, termasuk kesiapan pembuatan Bumi Perkemahan seluas 500 hektar di Kecamatan Sorawolio yang rencananya akan menjadi Buper terbesar di Kawasan Timur Indonesia, bahkan direncanakan menjadi arena kegiatan Perkemahan Putri Tingkat Nasional tahun 2009 mendatang.

Sementara itu, Ketua Kwarcab Kota Bau-Bau, Kak Drs. HLM. Halaka Manarfa, mengingatkan para andalan untuk terus berkreasi dalam membina pramuka di kota ini, apalagi tersugesti dengan fasilitas yang dibangunkan oleh Pemkot Bau-Bau. “Saya sangat berharap, agar fasilitas ini menjadi daya dorong yang kuat untuk terus menggalakkan pramuka di Bumi Kota Bau-Bau, kobarkan terus pramuka di semua sudut bumi kota ini,”tegas Halaka, yang saat ini juga menjabat sebagai Wakil Walikota Bau-Bau periode 2008-2013. (hamzah)