Berita
Pemkot Baubau Ziarah Kemakam Sultan Mirhum

Walikota  Baubau, Drs. H. Mz  Amirul Tamim M.Si didampingi Sekot Baubau, Asisten I, II dan III Sekertariat Daerah , seluruh SKPD, Camat se Kota Baubau dan Unsur masyarakat melakukan ziarah ke makam Sultan Murhum Kaimuddin. Kegiatan tersebut merupakan rangkaian dari kegiatan dalam rangka Hari Ulang tahun (HUT) Kota Baubau tahun 2010.
“pemerintahan yang terjadi di daerah ini diawali dari seorang pemimpin yakni Sultan Muruhum kaimuddin, dimana agama islam sebagai landasan dalam pemerintahan. Untuk menghargai semua maka dalam HUT Kota Bau-Bau tahun ini dirangkaikan dengan ziarah,” ungkap.
Menurut walikota Sultan Murhum merupakan pemimpin yang memiliki kepribadian mulia, bisa dilihat sampai pada tempat Beliau dimakamkan ditempat yang spesial dan tidak diganggu oleh pemukiman sekalipun.
Ziarah tersebut dilaksanakan usai Shalat jumat di Mesjid Keraton dan prosesi ziarah dilaksanakan seperti saat Sultan Murhum melakukan Ziarah yang disebut dengan prosesi Santiago dimana kala itu setiap setelah Hari raya Sultan Murhum melaksanakan Ziarah dan sebelum melakukan ziarah Sultan dijemput dengan tarian Galangi dan juga dikawal oleh pasukan prajurit kerajaan. (nur kominfo)