Berita
Bau-Bau Terpilih Untuk Lokasi Sosialisasi Perubahan Iklim

Dari 33 Propinsi di indonesia, Bau-Bau masuk lima besar daerah yang akan mendapatkan sosialisasi perubahan iklim dari Jakarta Pusat dengan nama kegiatan Public Awareness, training and Education program on climate change issue for All level of societies in miligation and adaptation location. Hal ini disampaikan Sekda Kota Bau-Bau, Suhufan saat rapat bersama tim di Aula Bapeda (23/9).

Sekda mengatakan sangat suport dengan kegiatan tersebut karena meskipun Bau-Bau bukan termasuk daerah rawan gempa, tetapi dampak dari gempa dan perubahan iklim dirasakan masyarakat Bau-Bau. Contohnya saat ini seharusnya sudah musim kemarau tetapi karena adanya perubahan iklim maka musim hujan lebih lama, “untuk itu dinas terkait harus serius mewujudkan keberhasilan kegiatan ini,” tegasnya.

Sementara Dedi Sucahyono dari BMKG mengatakan tujuan kegiatan tersebut, agar dapat menanamkan kesadaran publik akan pentingnya informasi perubahan  iklim dan strategi adaptasi perubahan iklim terutama disektor ketahanan pangan. Sosialisasi tersebut untuk mempercepat penerapan mitigasi dan adaptasi perubahan iklim. Kegiatan yang diajukan untuk diterapkan pada bulan oktober 2010 sampai bulan juli 2011 antara lain : capacity building, kampanye melalui media informasi, persiapan kurikulum melalui muatan lokal SD,SLTP dan SLTA dan lainnya. “kami juga menunggu masukan dari Pemerintah daerah untuk program tambahan atau saran lain”, katanya.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kepala Bappeda dan PM Bau-Bau, Kepala Badan Kominfo Bau-Bau, Kepala Dinas Kelautan Bau-Bau, kepala dinas Pertanian, pihak diknas Bau-Bau. Sementara Tim tersebut terdiri dari Eka Suharguniawan (BMKG), Indrani Tua dari Bapena, Amin Budiarjo dari ICCTF, Julia Letinger dari GTZ, Puspasari dari ICCTF. (nur kominfo)