Berita
ZAKAT FITRAH DI BAU-BAU DITETAPKAN RP18.000

           Badan Amil Zakat Daerah (BAZDA) Kota Bau-Bau, menetapkan nilai zakat fitrah pada 2010 sebesar Rp18.000/jiwa atau 3,5 Kilogram beras perorang. Masyarakat yang membayar zakat dengan jagung, nilai zakatnya perorang Rp 3.000. "Ketetapan ini berdasarkan hasil musyawarah bersama antara BAZDA Bau-Bau, Pemerintah Kota Bau-Bau, Kementerian Agama Bau-Bau," ungkap ketua BAZDA Kota Bau-Bau, Sahiruddin Udu.
           "Dalam penetapan Zakat fitrah, terlebih dahulu dilakukan survei harga beras dan jagung di pasar. Harga tersebut berkisar Rp5.000 sampai Rp6.000 ribu per liter, dengan kualitas rendah seperti beras raskin" katanya. Dengan harga beras yang bervariasi maka diambil keputusan untuk harga beras Rp5.500 per kilogram.sementara jagung tidak mengalami kenaikan.ketentuan itu juga
   Ia menambahkan, pembayaran zakat fitrah tersebut bisa dilakukan pada Badan Amil Zakat (BAZ) yang telah ditunjuk pemerintah, atau mesjid di kelurahan masing-masing. Dan Pembagian zakat fitrah disepakati 80 persen untuk warga miskin, 15 persen BAZDA dan lima persen untuk petugas yang membagikan zakat," tambahnya.(nur kominfo)