Berita
Japex & Elnusa akan Uji Coba Pengeboran Minyak

Potensi tambang minyak yang ada di Kecamatan Surawolio nampaknya sudah menemui titik terang. Pasalnya, perusahaan minyak terkenal Japex dan Elnusa dalam waktu dekat ini akan melakukan uji coba pengeboran minyak di Kecamatan Surawolio.

Demikian dikatakan Kabag Sumber Daya Alam Setda Kota Baubau Drs LM. Syafruddin E M.Si, Kamis (29/1).

Menurut Syafruddin, dari hasil uji coba pengeboran di beberapa titik yang akan dilakukan oleh Japex dan Elnusa akan diketahui kelayakan seberapa besar potensi minyak yang ada di daerah tersebut ataukah ada potensi lain selain tambang minyak misalnya gas.

Sebenarnya ungkap Syafruddin informasi awal adanya potensi minyak di Kecamatan Surawolio berasal dari perusahaan minyak golf oil yang kemudian ditindaklanjuti oleh perusahaan minyak lain PT Conoco Philips dan selanjutnya hasil sismik dari PT Conoco Philips dikoreksi kembali secara detail oleh Japex pada 1000 lebih titik sismik. Hal ini maksudkan untuk mengetahui dimana titik-titik minyak yang ada di wilayah Kecamatan Surawolio.

Sementara itu, informasi yang diperoleh wartawan Koran ini GM Elnusa Herianto dan GM Japex Sisiro Simitsu telah melakukan pertemuan dengan Walikota Baubau Drs MZ Amirul Tamim M Si kemarin di kantor Walikota Baubau Palagimata. Hanya belum diperoleh informasi pasti tentang hasil pertemuan antara Walikota Baubau dengan GM Elnusa dan Japex. (Lay-Kepres)