Berita
Program SCB-DP Mulai Diluncurkan

Setelah sekian lama ditunggu-tunggu akhirnya program Sustainable Capacity Building for Decentralization Project (SCB-DP) untuk Kota Bau-Bau akhirnya mulai diluncurkan secara resmi di aula palagimata, Selasa (04/11). Launching program SCB-DP disaksikan langsung oleh Walikota Bau-Bau Drs. MZ Amirul Tamim M.Si direktur konsorsium penyedia jasa SCB-DP Ir. Akmasj.

Walikota Bau-Bau Amirul Tamim mengungkapkan, program SCB-DP ini memang sudah sejak lama ditunggu-tunggu sejak kontrak kerja sama dengan Pemkot Bau-Bau beberapa tahun lalu. Karena itu, diharapkan agar program ini dimanfaatkan untuk kerja sama sebab tantangan ke depan dalam mempersiapkan kapasitas diri semakin berat.

Saat ini menurut orang nomor satu di Bau-Bau ini, orang-orang dari luar Kota Bau-Bau semakin banyak saja yang berminat dating ke daerah bumi semerbak. Oleh sebab itu, otonomi yang dilaksanakan di Bau-Bau tidak sebagaimana penilaian banyak orang.

Sementara itu, Plt Sekda Kota Bau-Bau Drs. LM Arsyad Hibali mengatakan, proyek peningkatan kapasitas merupakan proyek nasional yang relevan dengan kebijakan-kebijakan yang ada di daerah dimana sangat inovatif dalam penyebarannya. Sedangkan mengenai sumber dana proyek ini berasal dari pinjaman ADB, pemerintah Belanda dan dana sharing dari pemerintah.

Arsyad berharap dengan adanya program ini akan terwujud peningkatan kapasitas daerah khususnya aparatur. Disamping itu, peningkatan pembangunan dan pelayanan public yang lebih efisien.

Sedangkan direktur konsorsium penyedia jasa SCB-DP Ir. Akmasj mengakui, selama ini pihaknya telah melakukan kerja sama dengan hampir seluruh wilayah Sulawesi termaksud Sulawesi Tenggara yang pertama kali dilaksanakan di Kota Bau-Bau.”Bau-Bau sudah sangat siap menjalankan misi kegiatan ini untuk mengembangkan kapasitas aparatnya,” ujarnya. (Lay-Kendari Ekspres)