Berita
Kantor Walikota Jadi Ajang Rekreasi warga Bau-Bau

Kemegahan Kantor Walikota Bau-Bau Sulawesi Tenggara yang bertengger di puncak Bukit Palagimata kini menjadi daya tarik wisata tersendiri di kota yang berjuluk “Bau-Bau Semerbak’ ini. Bagaimana tidak, sejak terbangun tahun 2005 silam dan resmi digunakan 17 Agustus 2007 lalu hingga saat ini ramai dikunjungi warga sekedar untuk berekreasi.

Sabtu akhir pekan kali ini (4/9) sekitar 500-an warga memadati kawasan kantor Walikota Bau-Bau. Mereka sekedar menikmati kemegahan gedung ini hingga panorma sunset di Teluk Bau-Bau. Maklum, dari kawasan ini kita dapat menyaksikan matahari terbenam dengan mata telanjang, lebih indah lagi karena kawasan perkantoran ini memiliki pelataran seluas 2 hektar yang dilengkapi dengan fasilitas anak tangga yang menghadap langsung ke teluk Bau-Bau.

“Tiap sore, pelataran kantor walikota ramai oleh pengunjung untuk sekedar berwisata, kami memberi ruang kepada mereka sepanjang mereka juga bisa menjaga kondisi keamanan di kawasan ini,” ujar Bambang Ekalaya, seorang Provost Polisi Pamong Praja Kota Bau-Bau, yang setiap harinya bertugas memantau kawasan ini.

Ramainya kunjungan warga ke kawasan ini, memang sengaja didesain oleh Walikota Drs MZ. Amirul Tamim, M.Si bukan hanya sekedar pelayanan kepada warga, tetapi juga memiliki nilai estetika yang tinggi yang dapat digunakan warga untuk berekreasi. Lebih dari itu, fungsi kantor ini juga dapat menarik arus urban penduduk yang selama ini terpusat di satu titik. Yang mengakibatkan kepadatan, dan munculnya masalah sosial lainnya.

“Memang didesain seperti itu, sebagai pusat pelayanan pada masyarakat, dan juga bernilai seni sehingga menjadi kawasan publik baru bagi kota ini” papar Drs Sadarman, M.Si, Kepala Kantor Infokom dan Pengolahan Data Kota Bau-Bau.

Lebih dari itu, kawasan Palagimata  juga terus di desai oleh pemerintah setempat sebagai kawasan ‘Kota Baru’ di kota ini dalam pengembangannya sebagai calon ibukota Provinsi Buton Raya yang di wacanakan masyarakat di kawasan Pulau Buton dan sekitarnya. (zah/inkom)