Berita
Walikota Tegur Nelayan Rumput Laut

Walikota Tegur Nelayan Rumput Laut
- Karena lebih tonjolkan panen ‘instant’ daripada mutu

Walikota Bau-Bau Drs MZ. Amirul Tamim M.Si didampingi Wakilnya Drs H. La Ode Halaka Manarfa dan Kepala Kantor Infokom Bau-Bau Drs Sadarman M.Si saat mengunjungi kawasan nelayan rumput laut di Palabusa Kecamatan Bungi Kota Bau-Bau hari Sabtu ini (27/9) tak ragu memberikan teguran keras kepada para nelayan yang tidak mengikuti procedural panen yang justru menjatuhkan citra Kota Bau-Bau sebagai penghasil rumput laut berkualitas di Indonesia.


“Jangan memanen jika bukan waktunya, apa yang saudara lakukan hanya mengejar masa panen yang cepat tetapi justru merugikan diri Anda sendiri dan juga nama kota Bau-Bau sebagai penghasil rumput laut yang berkualitas, cara Anda tidak bermutu,” tegur Walikota kepada para nelayan.


Menurut Walikota, masa panen ideal adalah 45 hari dengan anakan yang harus sesuai petunjuk. “kepada para penyuluh segera beri penyuluhan kepada warga Palabusa, jangan sampai kualitas dan harga turun gara-gara mereka tidak paham, bagaimana menghasilkan rumput laut yang berkualitas,” ujarnya.


Menurut Walikota ia sengaja memberikan teguran keras itu, tujuannya adalah untuk peningkatan kesejahteraan rumput nelayan itu sendiri. “Kita tak bisa menyalahkan sepenuhnya kepada nelayan, kita juga khususnya penyluh perlu berbenah,” imbuhnya. (zah/inkom)